Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja Karakteristik Resistor ?

Karakteristik Berbagai Macam Resistor

Karakteristik Berbagai Macam Resistor

Karakteristik berbagai macam resistor dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Resistansi resistor komposisi akan tidak stabil karena sebabkan pengaruh suhu, jika suhu naik maka resistansi turun. Hal inilah yang menyebabkan resistor kurang sesuai apabila digunakan dalam rangkaian elektronika tegangan tinggi dan arus besar.

Resistansi sebuah resistor komposisi berbeda antara kenyataan dari resistansi nominalnya. Jika perbedaan nilai sampai 10 % tentu kurang baik pada rangkaian yang memerlukan ketepatan tinggi. 

Pada Resistor variabel resistansinya berubah-ubah sesuai dengan perubahan dari pengaturannya. Resistor  variabel  dengan pengatur  mekanik, pengaturan oleh cahaya, pengaturan  oleh  temperature suhu atau pengaturan lainnya. Jika perubahan nilai, resistansi potensiometer sebanding dengan kedudukan kontak gesernya maka  potensiometer  semacam  ini  disebut  potensiometer  linier.  Tetapi  jika  perubahan  nilai resistansinya tidak sebanding dengan kedudukan kontak gesernya disebut potensio logaritmis. 

Secara  teori  sebuah  resistor  dinyatakan  memiliki  resistansi  murni,  akan  tetapi  pada prakteknya  sebuah  resistor  mempunyai  sifat  tambahan  yaitu  sifat  induktif  dan  kapasitif.  Pada dasarnya,    resistor bernilai  rendah cenderung  mempunyai  sifat  induktif  dan  resistor  bernilai  tinggi resistor tersebut mempunyai sifat tambahan kapasitif.

Suhu memiliki pengaruh yang cukup berarti terhadap suatu hambatan. Didalam penghantar ada electron bebas yang jumlahnya sangat besar sekali, dan sembarang energi panas yang dikenakan padanya  akan  memiliki  dampak  yang  sedikit  pada  jumlah  total  pembawa  bebas.  Kenyataannya
energi  panas  hanya  akan  meningkatkan  intensitas  gerakan  acak  dari  partikel  yang  berada dalam bahan yang membuatnya semakin sulit bagi aliran electron secara umum pada sembarang satu arah yang  ditentukan.  

Hasilnya  adalah  untuk  penghantar  yang  bagus,  peningkatan  suhu  akan menghasilkan peningkatan harga tahanan. Akibatnya, penghantar memiliki koefisien suhu positif.

Post a Comment for "Apa Saja Karakteristik Resistor ?"